Gravitasi Bumi

Suatu fenomenna alam yang tidak dapat dihindari di bumi ini adalah suatu kekuatan atau bisa dikatakan gaya yang selalu menarik ke bawah(tegak lurus bumi) yang sering disebut juga dengan grafitasi bumi.
Gravitasi bumi akrab diartikan sebagai gaya tarik bumi.Dengan adanya gravitasi bumi kita dapat berjalan dipermukaan bumi,mobil yang bisa berjalan di jalan raya serta akar pohon yang tumbuh menuju kedalam bumi. Tanpa adanya gravitasi manusia akan kesulitan berjalan dipermukaan bumi seperti berada di bulan yang tidak terdapat gaya gravitasi,kalaupun ada sangat kecil sehingga tidak nyata pengaruhnya.Oleh karena itu astronot tidak dapat berdiri dengan tegak apalagi untuk berlari,pergerkan astronot melayang-layang di atmosfer bulan. Akan tetepi berbeda jika di bumi yang memiliki gaya gravitasi sehingga mahluk hidup dan benda-benda yang berada dipermukaan bumi menjadi tidak melayang hingga ke ruang angkasa.
Tokoh yang sangat erat dengan gravitasi bumi adalah Isac Newton dengan fenomena buah apel yang jatuh kebawah bukan keatas.
Gaya gravitasi disetiap tempat permukaan bumi tidak sama,ini disebabkan oleh berbagai perbedaan,perbedaan tersebut yaitu :
·         Jari-jari ke kutub dan ke katulistiwa (pengaruhnya kecil)
·         Ketinggian tempat (pengaruhnya juga sangat kecil)
·         Kerapatan batuan yang menyusun kerak bumi
Dengan mengetahui besarnya gaya gravitasi di permukaan bumi, para ahli dapat menganalisiskeadaan bagian dalam bumi. Dengan asumsi bahwa volume(massa) besarnya tetap maka dengan adanya bagian bumi yang rendah sepertihalnya lautan atau lembah dikompensasikan dengan adanya benua atau pegunungan agar volume bumi tetap. Bila kita melihat globe maka terlihat bahwa belahan bumi bagian utara sebagian besar berupa benua sedangkan belahan bumi selatan sebagian besar adalah lautan.
Hal seperti itu juga terjadi pada pegunungan bahwa pada jalur pegunungan tinggi tampak adanya imbangan dari jalur palung laut yang dalam didekatnya. Fenomena tersebut disebut dengan kedudukan yang selalu seimbang atau kedudukan isostasi. Selama belum mencapai keseimbangan  maka kerak bumi akan bergerak terus untuk mencapai keseimbangannya dan ini merupakan salah satu penyebab dari gaya tektonik atau labilnya tempat-tempat tertentu dipermukaan bumi.



0 komentar:

Posting Komentar